Pura Goa Gajah

Pura Tua Dengan Arsitektur Yang Mengagumkan

Salah satu deretan pura tertua yang ada di Pulau Bali adalah Pura Goa Gajah. Pura ini menarik karena menjadi salah satu situs arkeologi dengan perjalanan sejarah panjang yang sangat tinggi. Pura ini tercatat dalam beberapa prasasti, namun tidak ada yang menjelaskan secara gamblang menyebut tempat ini bernama Pura Goa Gajah. UNESCO bahkan mencatat goa ini sebagai daftar tentatif warisan dunia yang dilindungi.  Dibangun pada sekitar 1.000 tahun lalu, pura ini memilki arsitektur yang unik, bagian depan goa di pura diukir sedemikian fenomenal. Sesuai dengan namanya, Pura Goa Gajah berbentuk layaknya seperti goa. Candi disini tidak dibuat menjulang tinggi seperti candi pada umumnya, tapi dibuat masuk ke dalam tebing, berbentuk goa buatan.  Dengan design arsitektur yang sedemikian rupa, pantas saja bila Pura Goa Gajah ini menjadi destinasi yang menarik perhatian banyak wisatawan. Dahulu, pada awalnya pura ini digunakan sebagai tempat untuk meditasi.

Lokasi Pura Goa Gajah

Pura Goa Gajah berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Berjarak sekitar 26 km dari Denpasar, 40 km dari Kuta, atau sekitar 5 km dari Ubud. Lokasi tepatnya ada di tepi jurang, di aliran sungai Petanu dengan hamparan sawah di sekelilingnya. Untuk memasuki Pura Goa Gajah kalian akan dikenakan tarif Rp 30.000/orang, biaya parkir Rp 5.000/mobil dan Rp 2.000/motor. Dari tempat parkir kalian harus menuruni anak tangga untuk sampai di tempat pertapaan. Tempat ini dikelilingi pepohonan hijau yang rindang, menambah suasana sejuk dan asri. Sebagai warisan dunia yang dilindungi keasrian alam dan lingkungan sekitar pura sangat dijaga kebersihannya. Pepohonan yang ada disini juga sudah berusia ratusan tahun, begitu menurut petugas di pura tersebut. Kompleks pura secara keseluruhan bisa kalian lihat dari atas tangga. Saat kalian sampai di area bawah, akan terdengar bunyi gemericik air yang mengalir dari pancuran arca. Goa Gajahnya sendiri berlokasi tak jauh dari pancuran arca tersebut.

Keunikan Pura Goa Gajah

Yang pertama, pintu masuk melalui mulut goa hanya dapat dimasuki oleh 1 orang saja. Bagian dalam goanya berbentuk huruf T, tingginya sekitar 2 meter dan lebar 2 meter. Pada ujung barat lorong terdapat arca Ganesha dan di ujung timur lorong terdapat 3 lingga. Kemudian di luar pintu masuk terdapat ukiran dan dua patung penjaga. Selain itu, di sekitar area goa juga terdapat patung petirtaan dan 7 patung widyadari yang memegang air suci. Patung ini merupakan simbol tujuh sungai di India, tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.

 

 

detail ukiran dari warisan dunia yang dilindungi
source picture : baliactivitydiscount.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *