Pura Tanah Lot

Pura di tengah laut

Di Bali ada banyak tempat yang unik, yang instagramable, yang wajib untuk dikunjungi saat sedang berlibur. Nah, salah satu cotohnya adalah Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot ini sangatlah populer. Saking populernya, saat musim sepi di Bali pun pura ini akan tetap ramai oleh pengunjung. Di mata para wisatawan mancanegara, pura ini sering disebut sebagai “Floating Temple” karena letaknya yang berada di tengah lautan. Pura megah ini dibangun diatas batu karang besar di area lepas pantai. Sayang, pura ini hanya dapat dikunjungi saat air laut surut, sebab saat air laut pasang, jalan setapak menuju pura ini akan terendam sehingga membuatnya terlihat seperti pura di tengah laut. Unik sekali bukan?

Lokasi objek wisata Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot terletak di Desa Braban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 1 jam 20 menit dari Bandara Ngurah Rai. Pura Tanah Lot terdiri dari beberapa pura yang terletak tidak jauh dari lokasi yang satu ke lokasi lainnya. Pura-pura ini dibangun di dua tempat yang berbeda, satunya terletak di bongkahan karang besar dan satunya lagi terletak diatas tebing yang menjorok ke laut, seperti di Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot adalah bagian dari Pura Khayangan Jagat di Bali, sebagai tempat memuja dewa penjaga laut.

Daya tarik objek wisata Tanah Lot, selain menjadi pura di tengah laut

Di bawah pura yang berada di tengah laut ini terdapat goa. Di dalamnya dihuni oleh beberapa ular laut. Ular ini memiliki ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, berwarna hitam berbelang kuning. Ular ini dipercaya sebagai penjaga pura yang ada disana.

Selain ular laut, di dalam gua ini terdapat lagi gua kecil lainnya bernama Gua Air Suci. Gua ini memiliki aliran dari tengah laut, tapi anehnya tidak menimbulkan rasa asin, melainkan terasa tawar dan sangat segar. Sumber air disini dikenal dengan Tirta Pembersihan, dan ini disucikan. Airnya sering digunakan untuk keperluan upacara keagamaan.

Harga tiket masuk Pura Tanah Lot

Untuk harga tiket masuk ke objek wisata Pura Tanah Lot terbagi menjadi beberapa kategori.

Kategori

Harga

Dewasa

Rp 20.000/orang

Anak-anak

Rp 15.000/orang

Parkir motor

Rp 2.000/motor

Parkir mobil

Rp 5.000/mobil

Keterangan:

  • Harga tiket masuk ini hanya berlaku untuk wisatawan Indonesia
  • Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kami merekomendasikan anda untuk mengunjungi Pura Tanah Lot pada sore hari menjelang matahari tenggelam. Pemandangan sunset membuat siluet pura ini tampak sangat cantik saat bersanding dengan warna langit senja dibelakangnya. Menurut kami pribadi, pemandangan sunset di Pura Tanah Lot adalah yang terunik dan terbaik di Bali. Jadi, pastikan anda berkunjung kesini saat berlibur di Bali.

pura yang terlihat berada di tengah laut
source picture : tripadvisor.co.id
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *