Pura Goa Lawah

Pura di Dalam Sarang Kelelawar

Pura Goa Lawah menjadi salah satu objek wisata menarik yang bisa kalian kunjungi saat berlibur di Bali. Keunikannya tidak hanya terdapat pada bangunan puranya, tapi juga pada lokasinya. Pura ini dikenal dengan banyaknya kelelawar yang menghuni goa di dalamnya. Seperti namanya, “Lawah” dalam bahasa Bali berarti kelelawar. Ini menggambarkan kondisi dari pura dalam sarang kelelawar ini. Walau begitu, keberadaan kelelawar di goa ini tidak mengganggu kegiatan suci keagamaan di dalamnya. Jika kalian takut dengan kelelawar mungkin harus berfikir ulang jika mau berkunjung kesini. Tapi bagi yang tidak merasa keberatan dengan kelelawar, datanglah kesini pada sore hari. Saat yang tepat karena kelelawar akan keluar dari goa untuk memulai kehidupan malamnya. Kalian dapat melihat mereka keluar berombongan dari goa.

Keberadaan kelelawar ini sudah ada sejak dulu, dan masyarakat tidak berani mengusiknya. Masyarakat percaya akan ada bencana jika keberadaan kelelawar tersebut di ganggu.

Pesona Eksotisme Pura Goa Lawah

Berlokasi di Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, pura ini adalah bagan dari Pura Sad Khayangan. Pura Goa Lawah memiliki arsitektur khas Bali yang bangunannya terbuat dari batu. Menjadikan keseluruhan warna bangunannya adalah hitam, khas bebatuan. Bebatuan lapuk yang berada di sekitar area pura menambah nilai estetik yang terlihat. Kain warna kuning, putih, dan kain motif kotak berwarna hitam putih juga turut menghiasi area bangunan pura.

Pengunjung yang ingin masuk ke area pura diharuskan mengikuti beberapa peraturan. Diataranya harus mengenakan pakaian sopan yang menutup bahu hingga lengan, sarong/kain yang menutup sampai bagian kaki. Kalian juga harus menjaga sopan santun dalam bersikap dan berucap.

Selain keunikan pura dalam sarang kelelawar ini, yang menjadi daya tarik adalah letak Pantai Goa Lawah yang bersebrangan dengan pura. Pantai ini biasanya didatangi untuk upacara melasti (penyucian diri menyambut Hari Raya  Nyepi). Warna dari pasir pantai disini juga hitam, menambah nilai eksotisme yang ditawarkan.

Tempat Wisata di Sekitar Pura Goa Lawah

Di area Pantai Goa Lawah, terdapat rest area dengan latar belakang tulisan nama Pantai Goa Lawah 3 dimensi. Banyak masyarakat lokal yang datang kesini hanya untuk sekedar berfoto atau berselfie ria. Cukup dengan membayar Rp 2.000 saja loh! Selain itu ada banyak juga wisata kuliner di sekitar pantai. Mereka menjual berbagai makanan , terutama yang berbau laut. Bagaimana, sudah cukup menggugah minat kalian?

penampakan pura dalam sarang kelelawar
source picture : balijayatrans.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *