Pura Alas Kedaton

Wisata Pura Suci di Tengah Hutan Kera

Pura Alas Kedaton adalah pura yang dibangun di tengah-tengah Hutan Alas Kedaton. Berlokasi di Desa Kukuh, hutan di pura ini merupakan rumah bagi ribuan kera. Tidak hanya itu, daya tarik lain dari pura ini adalah kepercayaan para warga bahwa pura ini mempunyai kekuatan magis. Kekuatan itu melindungi hutan dan warga sekitar. Hal itulah juga yang membuat suasana sekitar pura ini sangat sejuk, karena warga menjaga kelestarian hutan dan pura ini. Pura ini adalah pura Hindu sakral peninggalan zaman megalitikum kuno di Pulau Bali. Terletak tepatnya di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, berjarak sekitar 35 km dari Denpasar. Posisi pura ini menghadap ke barat dan memiliki 4 pintu gerbang masuk dan keluar. Tidak seperti pura lain di Bali yang halaman utamanya lebih tinggi dari halaman tengah. Posisi halaman utama (Utama Mandala) di pura ini lebih rendah dari halaman tengah (Madya Mandala).

Hutan Alas Kedaton

Di tempat ini kalian bisa merasakan suasana alam yang asri dan sangat hijau. Pura Alas Kedaton letaknya ada di tengah hutan yang di huni ribuan kera dan ratusan kelelawar. Tapi tidak perlu khawatir, kera-kera di hutan ini ramah dan sangat dekat dengan pengunjung. Para wisatawan biasanya sering memberi mereka makan kacang-kacangan atau makanan ringan lainnya. Meski kera disini ramah, pengunjung tetap dihimbau untuk berhati-hati. Kera disini bisa saja menyerang kalau mereka merasa terganggu. Mereka terkadang juga usil bisa mengambil apapun yang kalian pegang untuk dijadikan mainan. Oleh karena itu saat datang kesini usahakan tidak memakai kacamata, topi, atau perhiasan berharga. Karena jika kalian lengah, benda-benda itu bisa diambil oleh kera tersebut.

Berjalan-jalan di kawasan hutan rimbun seluas 65 hektar, kalian akan ditemani oleh pemandangan hijau dan tingkah lucu para kera beratraksi. Tempat ini bisa menjadi alternatif jika kalian ingin melihat pemandangan serupa di Monkey Forest.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Alas Kedaton

Harga tiket masuk kesini adalah Rp 20.000/ orang dewasa dan Rp 15.000/anak. Ada juga biaya parkir Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Tiket masuk ini harga dapat berubah sewaktu-waktu, tapi harga diatas adalah harga terupdate tahun 2020.

pura alas kedaton tabanan
source picture : id.baliglory.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *