Gunung Catur

Lokasi Gunung Catur

Popularitas Gunung Catur memang belum seterkenal Gunung Batur dan Gunung Agung. Padahal keindahan puncak yang ditawarkan tidak kalah dengan Gunung Agung dan Gunung Batur. Gunung Catur adalah gunung tertinggi keempat yang ada di Bali, dengan ketinggian 2.096 mdpl. Lokasi gunung ini berada di kawasan kaldera Bedugul, karenanya kalian dapat melihat langsung Danau Beratan dari puncak gunung ini.

Gunung Catur secara administratif berada di Desa Plaga, Petang, Badung. Puncak dari gunung ini sering disebut Puncak Mangu, sebab disana ada sebuah pura bernama Pura Puncak Mangu. Pura ini masih aktif difungsikan sebagai tempat sembahyang oleh umat Hindu Bali. Jadi selama pendakian ke gunung ini tidak heran kalau kalian akan bertemu banyak masyarakat lokal.

Perjalanan pendakian di Gunung Catur

Sebelum menuju ke puncak gunung, para pendaki biasanya disarankan untuk sembahyang di Pura Puncak Mangu. Memohon keselamatan dan ketenangan batin selama pendakian. Di sepanjang perjalanan kalian akan melihat sekumpulan monyet yang menghuni area hutan di gunung ini. Saat akan memasuki daerah puncak gunung kalian akan melihat dua pohon besar yang berhimpitan. Jika diperhatikan akan terlihat seperti gapura besar. Masyarakat lokal menyebutnya sebagai pohon kembar. Konon katanya, pohon ini adalah gerbang menuju puncak mangu. Karenanya jagalah sopan santun ditempat ini karena nuansa Bali disekitarnya masih sangat kental. Sepanjang perjalanan kalian juga akan melalui hutan tropis yang lebat. Cuacanya cenderung berkabut dengan jalur tanah yang lembab.

Sensasi mendaki di Gunung Catur

Walaupun popularitas Gunung Catur tidak seterkenal Gunung Batur dan Agung, tapi bagi traveller pecinta tantangan wajib mencoba mendaki gunung ini. Fasilitas pendakian di sini terbilang sudah lengkap. Kalian dapat memarkirkan kendaraan dengan aman di titik awal pendakian. Menjelajahi hutan tropis lebat didalamnya dengan nuansa Bali yang masih sangat kental pasti menambah suasana menantang dalam pendakian kalian. Belum lagi pemandangan yang ditawarkan puncak mangu ini. Pemandangan tiga danau dapat kalian nikmati langsung. Danau Buyan, Tamblingan dan Beratan yang sangat menawan.

Popularitas Gunung Catur memang belum seterkenal Gunung Batur dan Gunung Abang.
source picture : dictio.id
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *