Pantai Melasti

Lokasi dan harga tiket masuk untuk menikmati pesona alam Pantai Melasti

Pantai Melasti terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tepatnya berada di Semenanjung Bukit Ungasan. Jika kalian datang dari arah Kuta, memakan waktu sekitar 25 menit berkendara. Sementara jika kalian datang dari arah Nusa Dua, kemungkinan sekitar 40 menit. Perkiraan waktu tergantung pada kondisi jalan dan kecepatan berkendara. Pantai Melasti ini menjadi salah satu objek wisata yang sedang ramai dicari oleh para wisatawan. Pesona alam Pantai Melasti memang masih sangat natural. Mirip dengan Pantai Pandawa, pemandangan bukit kapur di sisi kanan dan kiri jalan akan menyambut anda begitu sampai disini.

Saat memasuki wilayah pantai kalian akan dimintai uang tiket masuk sebagai biaya pembangunan dan kebersihan pantai. Tiket masuknya sebesar Rp 5.000/ orang dan untuk biaya parkir sendiri Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. Dengan budget semurah ini, sudah sangat worth it untuk menikmati kemahalan panorama alam yang disuguhkannya.

Jalan menuju lokasi Pantai Melasti

Saat kalian sampai di perempatan Jimbaran, ambil arah ke kanan menuju GWK. Setelah melewati GWK ambil arah kiri menuju Jl. Pura Batu Pageh, kemudian lanjutkan sampai bertemu Balai Banjar Kelod-Jalan Melasti. Dari sini jalan terus sampai kalian bertemu Banyan Tree Hotel & Resort. Dari pertigaan hotel ambil arah ke kiri. Lokasi pantai tidak jauh dari persimpangan. Kira-kira berjarak 3 km dari lapangan Desa Ungasan.

Jika masih kesulitan menemukan lokasinya, gunakanlah aplikasi maps atau aplikasi petunjuk jalan lainnya. Jangan sungkan juga untuk bertanya dengan masyarakat lokal ya jika kalian masih merasa ragu.

Aktivitas menarik dilakukan di Pantai Melasti

Hal menarik pertama yang bisa kalian lakukan adalah berenang. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar dan perairan luarnya juga lumayan dangkal. Semakin memudahkan wisatawan untuk berenang. Selain berenang, disini kalian juga bisa mencoba snorkeling. Kondisi bawah lautnya yang jernih memudahkan kalian untuk menikmati pemandangan dibawahnya yang luar biasa. Aktivitas lainnya yang patut kalian coba adalah perburuan sunrise dan sunset. Karena bentang alamnya yang unik, dari sisi manapun kalian bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang eksotis. Tapi spot yang paling populer adalah dari atas tebing.

Selain beberapa hal di atas, pesona alam Pantai Melasti kerap dijadikan latar belakang pemotretan Pre Wedding. Tidak sedikit dari wisatawan yang datang adalah untuk melakukan sesi pemotretan. Spot yang biasanya digunakan adalah batu kapur yang menghimpit jalan, atau di tepi pantai dekat gapura. Ada banyak spot foto instagenic yang menjadi favorit para wisatawan, salah satunya adalah bangunan pura yang berada di pinggir pantai.

Pantai Melasti sebagai tempat upacara keagamaan

Hal lain yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah dari fungsi pantainya yang masih digunakan sebagai tempat upacara keagamaan. Ritual Melasti, yaitu salah satu rangkaian upacara yang dilakukan sebelum Nyepi dilakukan disini. Warga Hindu yang mengikuti upacara Melasti akan berjalan kaki memenuhi jalan sepanjang arah pantai. Dengan membawa rangkaian sesajen dan alat-alat keagamaan, semuanya tampak berjajar indah jika disaksikan dari atas. Hal inilah yang juga sering dicari oleh para wisatawan.

Pesona alam Pantai Melasti memang masih sangat natural.
source picture : backpakerjakarta.com
Please follow and like us: