Danau Beratan

Pesona alam Danau Beratan 

Danau Beratan terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Danau ini terletak di kawasan wisata Bedugul. Bedugul adalah kawasan yang terkenal dengan 3 danaunya, dan Danau Beratan adalah yang terluas diantara ketiganya. Berada percis di pinggir jalan raya Denpasar-Singaraja, membuatnya menjadi danau dengan akses termudah untuk digapai. Oleh sebab itu selalu ada banyak turis domestik maupun mancanegara yang berkunjung setiap harinya. Dibandingkan dengan 2 danau lainnya, Danau Beratan memiliki pengunjung terbanyak tiap harinya. Pesona alam Danau Beratan selalu bisa membuat suasana berada di samping danau ini terasa menyenangkan. Bahkan untuk hanya sekedar duduk makan bakso di pinggir danaunya sekalipun.

Aktifitas menarik di areal Danau Beratan

Ada sekitar 3-4 titik untuk menikmati pesona alam Danau Beratan ini. Salah satu titik masuknya berada sejalur dengan tempat masuk Pura Ulun Danu Beratan. Pura ini letaknya di dalam danau. Jika air danau sedang tinggi, pura ini secara fisik akan terlihat dikelilingi air. Disekitar pura ini ditumbuhi aneka warna bunga lily, menambah keindahan pura serta danau dibelakangnya. Di pura ini juga dibuat jalan setapak yang memudahkan pengunjung untuk menikmati semua kawasan danau.

Dari titik lain anda bisa menikmati danau ini dengan berbagai sarana transportasi yang tersedia. Ada perahu bebek, sampan dayung, sampai speed boat. Harganya kisaran Rp 50.000 – 150.000. Menikmati danau dengan perahu menjadi bonus, karena anda akan berada lebih dekat dengan danau. Aliran air yang tenang, udara yang sejuk, serta pemandangan pepohonan dan gunung selalu bisa memanjakan mata. Option lain, jalan-jalan atau sekedar duduk di tepi danau pun sudah lebih dari cukup dan menyenangkan.

Waktu terbaik mengunjungi Danau Beratan 

Jika ada yang bertanya, waktu terbaik mengunjugi objek wisata ini, adalah di pagi hari. Sekitar pukul 09.00 – 11.00. Objek wisata ini sudah buka mulai pukul 08.00. Tujuan datang di pagi hari adalah menghindari kabut turun. Selain itu juga agar tidak ramai pengunjung. Letak dari Danau Beratan yang tinggi (sekitar 1.300 mdpl) membuat udara di kawasan danau sejuk di siang hari. Namun kabut biasanya akan muncul setelah jam 12.00, oleh karena itu anda lebih baik datang pagi. Kabut akan menghalagi pemandangan indah dari objek wisata danaunya. Selain untuk menghindari kabut, juga untuk meminimalisir kemungkinan turun hujan di sore hari. Kurang seru kan kalau liburannya harus berhujan-hujanan?

pesona alam danau beratan selalu menarik banyak pengunjung
source picture : goodnewsfromindonesia.id
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *