Gunung Lesung

Pemandangan puncak Gunung Lesung yang menawan

Berpetualang ke alam memang tidak akan pernah membosankan. Melepas penat dari kegiatan sehari-hari, bisa dilakukan dengan bersantai di kesunyian alam. Salah satunya mendaki gunung. Gunung Lesung menjadi salah satu gunung indah yang patut anda coba untuk daki. Memiliki pepohonan hijau serta bangunan tua bersejarah, menambah kesan indah dari gunung ini. Selain itu, Danau Tamblingan berada di sisi selatan dari gunung ini. Bisa terbayang dong, bagaimana indahnya pemandangan puncak Gunung Lesung ?

Suasana Gunung Lesung ini sangat indah dan hening, sehinga cocok untuk jiwa petualang yang ingin mengembalikan energinya. Jadi saat kembali ke aktivitas masing-masing sudah fresh lagi.

Pesona Gunung Lesung yang belum ramai pengunjung

Pendakian di Gunung Lesung tidaklah seramai di pendakian Gunung Batur. Oleh karena itu tempat ini cocok untuk kalian yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Dalam perjalanan pendakian, kalian akan menemukan goa. Goa ini berbentuk vertikal, dan konon katanya belum diketahui berapa kedalamannya. Bernama Goa Nagaloka, letaknya tak jauh dari puncak Gunung Lesung. Bentuk goa yang terjal seperti jurang membuat belum ada orang yang turun mengunjunginya.

Gunung Lesung merupakan gunung yang sudah tak aktif lagi. Ketinggiannya mencapai 1.885 mdpl. Hutan di area gunung ini lebat dan rindang. Salah satu hal yang membuat gunung ini unik adalah adanya kawah hijau di bagian tengahnya. Selain kawah terbuka yang membuatnya unik, Gunung Lesung merupakan wilayah yang dikeramatkan bagi masyarakat Bali. Disini terdapat Pura Naga Loka, yang erat kaitannya dengan Goa Nagaloka. Terdapat pula Pura Bukit serta Pura Endek yang juga dikeramatkan oleh warga Bali.

Lokasi dan jalur pendakian Gunung Lesung

Gunung ini terletak di Munduk, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Berada berdekatan dengan Danau Tamblingan. Jika anda tertarik untuk mengeksplore tempat ini, anda bisa memulai pendakian dari Desa Tamblingan. Ikuti aliran sungai Mue hingga ke hulu. Jika anda mengalami kesulitan, anda bisa meminta bantuan warga sekitar untuk memandu. Perjalanan yang dibutuhkan selama pendakian rata-rata sekitar 5 sampai 6 jam. Cukup lama, disebabkan kondisi jalan yang berupa semak belukar. Aura di gunung ini juga berbeda. Hutan lumut yang lembab, patung-patung tua yang berserakan di beberapa titik, membuat suasananya berbeda. Seperti mengingatkan kita bahwa di dunia ini kita tidak sendiri. Ada dunia lain yang bisa jadi ikut mengamati kita. Tapi semuanya akan terbayar dengan pemandangan puncak Gunung Lesung yang kalian dapatkan.

pemandangan puncak gunung lesung untuk merefresh energi kembali
source picture : kintamani.id
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *