Air Terjun Dusun Kuning

Objek Wisata Menarik di Bangli

Salah satu kabupaten di Bali yang tidak memiliki garis pantai adalah kabupaten Bangli. Tapi walau tidak memiliki pantai, Bangli masih memiliki banyak objek wisata menarik lainnya, salah satunya adalah air terjun. Salah satu air terjun mengagumkan yang terletak di kabupaten ini sudah pernah kita bahas sebelumnya, Air Terjun Tukad Cepung. Bagi kalian yang belum tahu, boleh sekali untuk mampir ke artikel kami yang satu itu. Setelah membaca kami yakin, kalian akan otomatis merencanakan perjalanan ke sana. Nah, kali ini kami akan membahas air terjun lain yang tidak kalah cantiknya dengan Air Terjun Tukad Cepung. Berlokasi di Dusun Kuning, Bangli, karena itulah wisatawan menyebut air terjun ini sebagai Air Terjun Dusun Kuning. Air terjun ini lokasinya ada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Bangli. Untuk menuju air terjun ini, sangatlah mudah sebab air terjunnya tidak jauh dari pemukiman penduduk.

gambaran air terjun dusun kuning source picture : liburanbali.net

Perjalanan Menuju Air Terjun Dusun Kuning

Untuk menuju air terjun ini kalian bisa melalui By Pass Ida Bagus Mantra lewat jalan tol, jika kalian datang dari arah Bandara Ngurah Rai. Dari By Pass Ida Bagus Mantra carilah perempatan menuju Jalan Raya Tulikup, dari jalan ini teruslah berkendara menuju Jalan Raya Taman Bali. Ikuti terus jalan tersebut sampai menemukan Desa Taman Bali. Sampai disini kalian akan bertemu pertigaan, ambilah jalan kanan. Ikuti jalannya sampai kalian bertemu dengan pertigaan lagi, kali ini dekat dengan pabrik air minum NONMIN. Beloklah ke kanan, teruslah berkendara sampai di ujung jalan sampai pemukiman penduduk. Nah dari sini kalian harus berjalan kaki untuk bisa sampai di Air Terjun Dusun Kuning. Sepanjang perjalanan menuju air terjun kalian akan melewati ladang cengkeh milik penduduk. Pastikan untuk selalu berhati-hati ya, sebab kalian akan melewati tangga besi yang cukup curam.

Ketenangan Alam Dari Air Terjun Yang Belum Ramai Pengunjung

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dibawahnya terdapat kolam air berbentuk ceruk, diameternya sekitar 7 meter. Kolam ini cocok sekali dipakai berendam atau sekedar bersantai, apalagi kedalaman kolamnya relatif aman. Debit air terjunnya sendiri cukup besar. Uniknya, walau sedang musim hujan, airnya tidak keruh. Kualitas air terjunnya memang sebagus itu. Pemandangan alam sekitar juga masih sangat asri dan alami, banyak tumbuh pepohonan hijau yang rindang. Suara kicau burung juga akan menemani perjalanan kalian. Ketenangan alam sekitar sangat kental terasa, sebab air terjun ini belum banyak didatangi pengunjung. Padahal air terjun ini sangat indah dan mempesona, tidak kalah indah dengan air terjun lainnya yang sudah ramai didatangi pengunjung. Mungkin ini juga disebabkan oleh lokasi dan tempatnya yang agak terpencil dan tersembunyi, sehingga tidak banyak orang yang tahu.

gambaran air terjun dusun kuning
source picture : dolandolen.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *