Gunung Batur

Gunung Batur aman untuk pemula.

Bagi yang menyukai wisata alam yang memacu adrenalin, mendaki gunung bisa menjadi pilihan menarik. Yang masih pemula, tak perlu khawatir karena di Bali ada gunung yang aman untuk didaki pemula. Waktu mendakinya tak sampai memakan waktu seharian penuh! Salah satunya kalian bisa mendaki di  Gunung Batur. Gunung ini berlokasi di Kintamani, Kabupaten Bangli.

Menjadi geopark di Indonesia.

Gunung Batur menjadi gunung pertama yang diakui oleh UNESCO sebagai geopark yang ada di Indonesia. Dengan ketinggian 1.717 meter diatas permukaan laut membuat jalur pendakian di Gunung Batur termasuk aman untuk pemula. Membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapai puncak, dan kamu sudah akan disuguhi oleh pemandangan yang memanjakan mata. Puncak Gunung Batur menawarkan keindahan Danau Batur yang disandingkan dengan kokohnya pemandangan Gunung Abang dan Gunung Rinjani dibelakangnya. Tidak salah jika Gunung Batur termasuk dalam destinasi terbaik untuk menikmati sunrise di dataran tinggi Pulau Bali. Gunung Batur juga diklaim sebagai salah satu kaldera terluas di dunia. Di dasarnya terbentuk sebuah danau berbentuk cincin sabit yang kita kenal sebagai Danau Batur, danau terbesar di Bali.

Berkemah di Gunung Batur

Selain mendaki di Gunung Batur, banyak juga yang mengadakan kemah. Biasanya yang pergi berkemah sudah mendirikan tenda dari hari sebelum pendakian. Jadi mereka hanya perlu start pukul 3 pagi, dan bisa mencapai puncak sekitar pukul 5.30 untuk menyaksikan panorama alam sunrise serta keindahan danau Batur dan alam sekitarnya. Sedikit tips untuk kalian yang tidak menginap di sekitar daerah Bangli atau Kintamani. Sebagai patokan jika anda berada di area Bali Selatan seperti Nusa Dua atau Sanur dibutuhkan sekitar 2 jam dengan kendaraan menuju start point pendakian. Untuk perbekalan, kalian tidak perlu risau. Disepanjang perjalanan, kalian akan menemukan beberapa pedagang yang menjajakan minuman serta makanan ringan. Di puncak pos 1 bahkan ada yang berdagang kopi, teh, telur, juga pop mie. Bagaimana, sarana prasarananya memadai bukan?

Tiket masuk pendakian Gunung Batur

Lalu, bagaimana dengan harga atau tiket masuknya? Nah, untuk biaya registrasi sendiri adalah Rp 10.000/orang. Untuk yang belum pernah melakukan pendakian di Gunung Batur disarankan untuk meggunakan jasa pemandu. Harga bisa kalian negosiasikan, mungkin sekitar Rp 300.000 – 400.000/guide.

Source picture : Jejakpiknik.com
Please follow and like us:

1 thought on “Gunung Batur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *