Pura Tirta Empul

Peninggalan bersejarah sejak Dinasti Warmadewa

Salah satu pura kuno yang masih berdiri tegak di Bali adalah Pura Tirta Empul. Menurut sejarah pura ini sudah ada sejak zaman Dinasti Warmadewa. Didirikan tahun 962 Masehi, pura ini disebut sebagai salah satu pura terbesar dan tersibuk di Bali. Keindahan Pura Tirta Empul bahkan mampu memukau mantan Presiden AS Barack Obama dan Pangeran Fahad. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Tirta Empul artinya mata air suci. Tidak heran jika banyak umat Hindu yang datang tiap harinya untuk melakukan ritual penyucian diri di kolam pancuran yang ada di pura ini. Masyarakat Hindu meyakini bahwa air ini membawa kesucian, ketenangan, serta keberuntungan. Sumber mata air alami berbentuk pemandian dan pancoran inilah yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

Pernah dikunjungi Barack Obama dan Pangeran Arab

Keindahan Pura Tirta Empul ini rupanya sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai oleh wisatawan asing. Mereka pasti selalu menyempatkan datang ke tempat ini saat berada di Pulau Dewata. Kepercayaan umat Hindu memang selalu menarik untuk diikuti. Arsitektur bangunannya yang penuh sejarah Bali bahkan mampu menarik minat tamu penting sekelas Barack Obama dan Pangeran Fahad untuk berkunjung. Pura ini juga sudah dimasukkan dalam situs warisan UNESCO sejak 1995 silam oleh Pemerintahan Bali. Salah satu upaya pemerintah untuk menjaga dan mempertahankan popularitas Pura Tirta Empul agar semakin mendunia.

Tidak jauh dari kompleks Pura Tirta Empul, terdapat bangunan yang seluruh arsitekturnya khas Bali. Berdiri megash di area perbukitannya, bangunan itu dikenal sebagai Istana Tampak Siring. Istana ini dibangun khusus atas titah Presiden Soekarno. Sampai sekarang bangunan itu masih berdiri kokoh dan sering difungsikan untuk menjamu tamu penting kenegaraan.

Lokasi Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul atau sering disebut Pura Tampaksiring berlokasi di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Jika kalian berangkat dari daerah Ubud, memakan waktu kurang lebih 15 menit. Lokasi pura ini berdekatan dengan Istana Puri Ubud, Tegalalang, Pura Gunung Kawi, dan juga Monkey Forest.

keindahan pura tirta empul populer sampai mancanegara
source picture : info.caraputu.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *