Pura Taman Ayun

Pura bersejarah dengan pemandangan yang menenangkan

Dalam Bahasa Indonesia, Taman Ayun artinya taman yang indah. Di area luar Pura Taman Ayun terdapat halaman luas dengan design tembok khas Bali. Lalu di dalamnya terdapat kolam air yang mengelilingi areal pura. Semua keindahan itu pantas saja menjadikan pura ini disebut sebagai Pura Taman Ayun. Pura Taman Ayun ini adalah kompleks pura yang dikelilingi taman cantik di dalamnya. Keindahan Pura Taman Ayun sudah diakui oleh dunia internasional. Bahkan pura ini sempat muncul di acara Around the World in 80 Gardens. Suasana di Pura Taman Ayun ini begitu menenangkan dengan taman-taman yang tertata rapi, dan rumput-rumput hijau yang selalu dijaga kebersihannya. Pohon-pohon disini juga tertata apik, jadi perpaduan yang serasi antara tempat beribadah dan tempat wisata rekreasi. Disini kalian juga bisa menyaksikan kemegahan pura dengan pahatan seni dari jaman kerajaan. Ada sekitar 10 bangunan meru disini, yang tertinggi adalah meru tumpang sebelas.

Sejarah Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun adalah pura tua yang dibangun oleh Raja Mengwi di tahun 1634. Nilai sejarah yang tinggi membuat pura ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disamping design arsitektur yang mengagumkan, ada unsur magis serta nilai seni yang tinggi.

Luas pura ini adalah 100×250 m2. Didalamnya dibagi menjadi plataran dalam dan plataran luar yang dipisahkan oleh sebuah kolam. Di bagian plataran dalam dibagi menjadi 3. Yang pertama sebagai tempat istirahat. Dari sini kalian dapat melihat keindahan Pura Taman Ayun secara lebih dekat. Yang kedua, posisinya lebih tinggi dari plataran pertama. Disini terdapat 9 patung penjaga di setiap penjuru mata angin. Oleh masyarakat Hindu 9 patung tersebut disebut sebagai simbol dari Dewata Nawa Sanga. Yang terakhir, adalah plataran ketiga yang posisinya paling tinggi. Plataran ini hanya dibuka saat ada pelaksanaan upacara agama.

Lokasi dan tiket masuk Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun berlokasi di Jl. Ayodya No.10 Mengwi Kabupaten Badung. Letak pura ini tidak jauh dari kota Denpasar, hanya sekitar 18 km. Seperti kebanyakan tempat wisata lain di Bali, wisatawan yang akan masuk ke pura ini juga akan dikenakan biaya tiket masuk. Kalian perlu membayar tiket masuk Rp 10.000/orang dan biaya parkir Rp 5.000. Liburan ke Bali belum lengkap kalau belum mengunjungi salah satu objek wisata Pura Hindu di Bali. Sebagai salah satu pura paling cantik di Bali, pastikan kalian berkunjung ke Pura Taman Ayun ini ya! Sudah banyak sekali review positif dari para wisatawan yang sudah berkunjung. Jadi dapat dipastikan kalian tidak akan kecewa deh!

Keindahan Pura Taman Ayun sudah terkenal sampai internasional
source picture : heikaku.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *