Pura Taman Saraswati

Pura cantik dengan taman teratai merah muda

Pura Taman Saraswati di design cantik dengan taman dan kolam yang dipenuhi tanaman teratai. Kolam teratai ini berpadu serasi dengan keindahan pura yang penuh dengan seni ukir. Begitu cantik, artistik dan penuh nuansa spiritual. Kolam dengan bunga teratai inilah yang sering menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kesini. Kecantikan Pura Taman Saraswati ini menjadi salah satu objek wisata populer yang berada di pusat area Ubud. Jika kalian menyukai kesenian ukir khas Ubud, kalian bisa mampir kesini. Hampir setiap bangunan pura dihias dengan seni ukir para seniman Ubud.

Berlokasi di Jl. Kajeng, Ubud, Gianyar tepatnya di belakang Cafe Lotus Ubud, pura ini dibangun untuk pemujaan Dewi Saraswati. Hari turunnya ilmu pengetahuan di Bali disebut sebagai Hari Raya Saraswati. Pada Hari Raya Saraswati semua umat Hindu wajib melakukan persembahyangan kepada Dewi Saraswati sebagai penguasa ilmu pengetahuan.

Daya tarik Pura Taman Saraswati

Sedikit berbeda dengan pura lainnya di Bali, Pura Taman Saraswati memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai berwarna merah muda. Taman air disini tertata dengan rapi. Terdapat juga pohon bunga kamboja yang menghiasi tepi kolam. Area gerbang utama pura dengan area luar pura dihubungkan oleh sebuah jembatan. Saat melewati jembatan ini kalian akan melihat banyak patung berjejer di pinggir jembatan. Kemudian kalian akan melihat gerbang utama yang indah dengan tiga pintu besar berornamen emas.

Wisatawan dilarang untuk masuk ke dalam areal pura, hanya pengunjung yang akan sembahyang yang bisa masuk. Kendati demikian, tetap banyak wisatawan yang datang untuk melihat kecantikan Pura Taman Saraswati ini. Sebagian besar wisatawan yang datang akan berfoto dengan latar belakang arsitekur pura dengan kolam teratai yang tertata indah. Perpaduan arsitektur pura dan kolam teratai ini akan tampak sangat bagus dalam bingkai foto.

Jam buka dan biaya tiket masuk ke Pura Taman Saraswati Ubud

Pura Taman Saraswati buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00. Tidak ada biaya tiket masuk untuk pura ini. Hanya saja jika kalian ingin menonton tarian Bali di pura ini kalian akan dikenakan biaya 80.000/orang. Tarian yang dipentaskan di panggung pura ini adalah Tari Kecak. Jadwal pertunjukannya diadakan setiap Selasa dan Kamis mulai pukul 19.30. Pertunjukan itu akan dibawakan oleh group tari Sandhi Suara.

banyak wisatawan yang datang untuk melihat kecantikan Pura Taman Saraswati ini
source picture : pegipegi.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *