Gunung Batukaru

Gunung Tertinggi Kedua di Bali

Gunung Batukaru memiliki ketinggian 2.276 mdpl, menjadikannya sebagai gunung tertinggi kedua di Bali. Sudah berstatus tak aktif lagi membuat kondisi Gunung Batukaru sangat rindang. Kalian tidak akan menemukan jalur gersang seperti di Gunung Batur atau Gunung Agung. Keasrian hutan Gunung Batukaru berperan penting sebagai sumber mata air masyarakat Tabanan. Di saat yang bersamaan hutan di kawasan gunung ini berstatus sebagai cagar alam serta hutan wisata. Hutan disini menjadi lokasi pelepasan sejumlah binatang dilindungi. Rata-rata merupakan hasil sitaan atau pascarehabilitasi.

Untuk mendaki gunung ini tidak ada pantangan khusus seperti beberapa gunung lainnya. Hanya pastikan kalian tidak dalam keadaan sedang datang bulan. Sebab mendaki Gunung Batukaru ibarat berkunjung ke Pura. Di puncak gunung ini ada Pura Luhur Batukaru. Jadi pastikan untuk selalu menjaga sopan santun dan menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

Lokasi dan jalur pendakian Gunung Batukaru

Secara administratif Gunung Batukaru berlokasi di tiga desa yaitu Desa Pujungan, Jatiluwih dan Desa Wongaya Gede. Semuanya berlokasi di Kabupaten Tabanan, sehingga titik pendakian bisa dimulai dari 3 wilayah ini. Pendakian yang dilakukan lewat Desa Jatiluwih dan Wongaya Gede biasanya memakan waktu 5 sampai 7 jam untuk sampai ke puncak. Sedangkan jalur pendakian dari Desa Pujungan memakan waktu lebih singkat. Hanya sekitar kurang lebih 5 jam. Saat berkunjung ke gunung ini pastikan kalian dalam kondisi fit karena perjalanan yang cukup panjang. Kalau kalian belum pernah berkunjung kesini, kami sarankan untuk menggunakan jasa pemandu dari masyarakat lokal.

Gunung Batukaru memiliki lereng yang lebih rendah dan kaki bukit yang indah. Di puncak Gunung Batukaru akan terlihat dataran tinggi Bedugul. Selain itu para pendaki juga dapat mengunjungi Pura Puncak Kedaton selain Pura Luhur Batukaru.

Keasrian hutan Gunung Batukaru

Tercatat 15.153,28 hektar kawasan hutan di Gunung Batukaru yang didominasi kawasan hutan lindung. Sementara sebagian kecilnya adalah taman wisata alam. Gunung Batukaru memiliki keberagaman flora dan fauna yang paling kaya, serta bercurah hujan tinggi. Keasrian hutan Gunung Batukaru ini memungkinkan pohon-pohon bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

keasrian hutan gunung natukaru menjadi cagar alam dan hutan wisata
source picture : goldenavatar-outdoor.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *