Gunung Agung

Gunung tertinggi di Bali

Gunung tertinggi di Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, yaitu Gunung Agung. Pura Besakih yang merupakan pura terbesar di Bali terletak di lereng gunung ini. Dari puncak Gunung Agung berhadapan dengan Gunung Rinjani yang terdapat di Lombok. Dengan tingginya yang mencapai 3.031 mdpl diatas permukaan laut, membutuhkan sekitar 4 jam bila dari Pasar Agung dari arah selatan. Sedangkan bila dari arah barat daya yaitu dari Pura Besakih, membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

Daya tarik wisatawan berkunjung ke Pura Besakih      

Waktu terbaik untuk berkunjung kesini adalah pada bulan Agustus. Sebagai bahan pertimbangan mengingat banyak peristiwa kecelakaan dan hilangnya para pendaki, maka anda diharuskan untuk memakai jasa pemandu. Kami juga menyarakan agar tidak membawa perbekalan yang berbahan sapi, karena area gunung ini sangat disucikan. Sapi bagi umat Hindu sangat disakralkan sebab dipercaya memberi kesejahteraan bagi makhluk hidup. Masyarakat Hindu percaya bahwa Gunung Agung adalah istana dewata, tempat bersemayamnya para dewa. Oleh karena itu, masyarakat Bali menjadikan tempat ini sebagai tempat keramat yang disucikan. Walau demikian, masih banyak para pendaki yang terus mendaki gunung ini. Selain keasrian dan keindahan alam yang ditawarinya, juga terdapat pengalaman religi yang bisa didapat disana. Bagaimana para wisatawan penakluk gunung? Sudah merasa tertarik untuk mendaki gunung ini?

Salah satu tipe gunung stratovolcano di Bali

Gunung Agung merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Bali. Tercatat pada tanggal 13 Juni 2019 adalah letusan terakhir dari gunung berapi ini. Gunung tertinggi di Bali ini memiliki kawah yang besar dan sangat dalam yang kadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih, kalian dapat melihat gunung ini tampak berbentuk kerucut runcing sempurna. Namun sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir di kawah yang melingkar lebar. Dari ketinggian gunung ini, anda dapat mengagumi semua keindahan alam sekitarnya. Ada puncak Gunung Rinjani, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan, Pantai Sanur, serta gunung dan Danau Batur di sebelah baratnya.

gunung ini merupakan gunung tertinggi di Bali
source picture : beritagar.id
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *