Mengunjungi Monumen Bom Bali

Kisah Tragedi Bom Bali

Kita semua akan selalu mengingat tragedi bom Bali I tanggal 12 Oktober 2002 dan II tanggal 1 Oktober 2005. Tragedi ini merupakan aksi teroris terbesar yang terjadi di Indonesia. Menyebabkan 202 orang meninggal, 209 orang luka-luka dan cidera pada bom Bali I, 23 orang meninggal pada bom Bali II. Kejadian yang meluluhlantakan daerah Legian ini meningalkan luka yang mendalam bagi dunia pariwisata di Bali pada kala itu. Beberapa Negara sempat mengeluarkan travel warning ke daerah Bali yang mengakibatkan pemasukan dari kegiatan pariwisata saat itu sangat anjlok. Tapi sekarang kondisi dari daerah pariwisata tempat terjadinya tragedi ini sudah mulai pulih kembali dan ramai di datangi oleh wisatawan. Tragedi Bom Bali I ini bahkan di angkat menjadi sebuah film layar lebar yang berjudul Long Road to Heaven. Untuk mengenang semua tragedi tersebut, pemerintah Bali bahkan membangun sebuah monumen. Kita semua mengenalnya dengan nama Ground Zero Monumen.

Ground Zero Monumen

Sebuah monumen didirikan oleh pemerintah daerah Bali di daerah Legian untuk mengenang kejadian bom Bali. Monumen itu disebut Monumen Panca Benua atau juga di kenal sebagai Ground Zero Monumen. Monumen ini mulai di bangun pada tahun 2003 dan di resmikan pada tanggal 12 Oktober 2004. Di dalam monument ini terdapat nama-nama yang menjadi korban kejadian tersebut. Tujuannya adalah untuk mengenang dan memberikan penghormatan bagi para korban. Pada monumen ini terdapat sembilan air mancur di tengah kolam. Air mancur itu dibuat sebagai wujud dari sembilan mata angin yang akan menyebarkan perdamaian ke seluruh penjuru dunia. Setiap tahunnya, tepatnya pada tanggal 12 Oktober, tempat ini akan ramai di kunjungi oleh orang-orang dari berbagai Negara untuk memberikan penghormatan bagi para korban dan mengenang kejadian Bom Bali ini.

Bentuk Penghormatan Kepada Korban Tragedi Bom Bali

Dari monumen ini dapat terlihat bahwa Bali mampu bangkit kembali dari kejadian pahit yang terjadi di masa lalu. Kini Bali mampu kembali menjadi primadona pariwisata di mata dunia. Sekarang monumen ini menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan yang datang ke Bali. Antusias wisatawan untuk mengetahui tempat ini sangatlah tinggi. Bagi kalian yang ingin pergi ke Bali, jika sedang berada di daerah Legian, kalian bisa mampir ke tempat ini. Memberikan penghormatan atau sekedar foto-foto saja agar pengetahuan kalian tentang tempat ini bertambah.

detail ground zero monumen
source picture : photosspeak.net
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *