Pura Lempuyang

Salah Satu Pura Tertua di Bali

Pura Lempuyang adalah salah satu pura tertua di Bali. Berada di ketinggian 1.174 mdpl membuat pura ini terlihat seperti berada di atas awan. Pura Lempuyang berjarak 19km dari Gunung Agung, lokasi ini membuat Pura Lempuyang menjadi spot foto incaran wisatawan. Berlatar belakang panorama Gunung Agung yang memukau, gapura di lokasi pintu masuk pura ini dijuluki “Gate of Heaven”. Kecantikan alam dan kemegahan yang di suguhkan di pura ini sanggup menyedot minat wisatawan. Apalagi bagi kalian yang suka hunting foto instagrammable.

Beralamat di Jl. Pura Telaga Mas, Tri Buana, Abang, Karangasem, perjalanan kesini dapat ditempuh kurang lebih dua jam dari Denpasar. Area pura dibagi menjadi tiga tingkatan. Para wisatawan hanya dapat berkunjung sampai di tingkat pertama. Sedangkan dua tingkat lainnya khusus untuk persembahyangan saja. Setiap wisatawan yang memasuki kawasan pura wajib untuk mengenakan kamen/sarong. Kain ini dapat kalian beli di pasar Ubud, pasar Sukawati, atau bisa menyewa lokasi di pura.

gambar gate of heaven source picture : balitoursclub.net

Pesona Pura Lempuyang

Pura Lempuyang memiliki tujuh kompleks pura, yang utama berada di posisi puncak. Ini adalah pura paling fotogenik dengan panorama alam yang sangat menakjubkan. Untuk sampai ke pura utama pengunjung harus melewati anak tangga sekitar 1.700 buah. Kalian akan melewati enam pura lainnya selama berjalan di tangga ini. Jalur trekking di mulai dari Pura Telaga Mas, kurang lebih 2 jam.

Selama perjalanan kalian akan ditemani pemandangan alam Karangasem dari ketinggian. Udaranya sejuk karena masih banya pohon rindang di hutan yang asri ini. Kicauan burung dan kera liar yang tampak sesekali akan menemani perjalanan kalian.

Pura Lempuyang memiliki gapura setinggi 4 meter yang menjadi spot foto favorit wisatawan. Berlatar belakang Gunung Agung dengan biru langit yang cantik, membuatnya tampak sangat fotogenik. Gapura inilah yang dijuluki Gate of Heaven. Untuk berfoto disini kalian harus sabar antri. Wisatawan bahkan datang lebih pagi untuk menghindari antrian panjang.

Berburu Momen Sunset dan Sunrise

Salah satu hal menarik yang dicari wisatawan saat berkunjung adalah momen sunset dan sunrise. Kalian dapat menikmati pemandangan itu secara 360o dari wilayah pura. Untuk membuat foto dengan pantulan pura dan sunset, pemgunjung biasanya menggunakan cermin. Banyak yang salah mengira kalau ada kolam atau air sebagi latar foto. Padahal itu hanya tipuan cermin. Jadi, kalian datanglah kesini dan coba triknya!

posisi dari Gate of Heaven
source picture : localsbali.com
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *